Profil
PROFIL PERUSAHAAN PT.Garam Dunia
Perdagangan dan jasa merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan di Indonesia, bahkan di dunia. Persaingan bisnis zaman di era masa kini konsumen lebih mengedepankan kepuasan harga dan hasil yang dicapai.
PT.Garam Dunia adalah perusahaan percetakan yang melayani jasa percetakan seperti : kartu nama dan kartu undangan. PT.Garam Dunia merupakan perusahaan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam bidang percetakan kartu nama dan katu undangan karena PT.Garam Dunia didukung oleh tenaga kerja yang profesional dan alat-alat yang canggih, sehingga mampu memberi pelayanan yang terbaik dalam harga, waktu,dankualitas. PT.Garam Dunia bertempat di jalan Cendrawasih no.44 Makassar (Sul-sel).
PT.Garam Dunia mempunyai komitmen sebagai mitra kerja yang handal dan terpercaya untuk mewujudkan yang terbaik telah menjadi motor penggerak bagi kami untuk memberikan layanan yang terbaik bagi Klien kami. Kami selalu berusaha untuk memberikan servis dan produk yang terbaik serta mengusahakan produk kami agar efisien dan efektif Dalam menyampaikan pesan-pesan anda kemasyarakat
Kami tidak hanya mementingkan keindahan karya saja, tetapi juga nilai efisien, keamanan, ketetapan waktu, serta bagaimana karya kami bisa berkomunikasi dengan masyarakat. Dan Kami juga akan memberi hasil kerja yang berkualitas
PT.Garam Dunia yang menggunakan sistem jaringan yang tersebar luas di kota Makassar, telah hadir dan berkarya bagi pelanggan kami serta masyarakat. Ini menjadi bukti atas pengalaman kami di bidang yang kami kerjakan, sekaligus menjadi jaminan bahwa perusahaan kami masih akan terus melayani anda di masa depan.
Visi dan Misi
Visi dan Misi PT.Garam Dunia
Visi
- Menjadikan PT.Garam Dunia menjadi Perusahaan profesional,kreatif dan smart dalam bidang Perdagangan Percetakan se kota Makassar.
Misi
- Memberikan produk-produk terbaik sesuai dengan kebutuhan konsumen
- Service Excellent (mengutamakan mutu dan pelayanan)
- Menjadi perusahaan yang professional, dinamis dan profitable.
- Senantiasa berinovasi dan mengembangkan diri
- Meningkatkan daya saing di bidang industri percetakan dan digital printing menuju persaingan global.
· Memperhatikan share holder dan stake horlder, khusunya karyawann, klien, serta pihak terkait untuk bersama-sama menumbuhkan daya saing guna mengembangkan perusahaan.
Rumusan Masalah
Dalam perusahaan percetakan PT.Garam Duniua masalah-masalah yang sering muncul adalah:
Ø Miss comunication
Miss communication yang sering terjadi yaitu adanya kesalahpahaman antara pegawainya dengan pelanggan,contohnya:si pelanggan meminta agar undangannya di buat sedemikian rupa tetapi hasilnya tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan,jadi akhirnya kita sebagai pelanggan meras tidak puas.
Ø Perilaku dari pegawainya
Masalah yang dimaksudkan disini yaitu pegawai yang kadang kurang serius bekerja atau terkadang mereka membolos kerja, sehingga pekerjaan menjadi tertunda, akhirnya barang yang dipesan pelanggan terlambat dikerja atau tidak tepat waktu sesuai dengan kenutuhan pelanggan.
Alternatif Penyelesaian Masalah
Ø Memberikan Pelatihan kepada karyawan untuk lebih berhati-hati dalam melakukan percetakan dan memahami pesanan pelanggan sesuai dengan apa yang diharapkan pelanggan, sehingga tideak mengecewakan para pelanggan.
Ø Memberikan sanksi kepada karyawan yang tidak serius dalam bekerja dan sering bolos, mungkin dengan cara memotong gaji karyawan, sehingga mereka lebih serius dalam melakukan pekerjaan mereka sehingga pekerjaan tidak tertunda, dan tidak mengecewakan pelanggan.
Ø Memberikan potongan harga jika terjadi kesalahan dalam melakukan percetakan yang tidak sesuai dengan pesanan para pelanggan dan tidak tepat waktu.
Berikut ini balanced scorecard untuk perusahaan jasa percetakan CV. Garam Dunia
Perspektif pelanggan
Ø Pengukuran CSF berdasarkan mutu yaitu diukur berdasarkan berapa banyak produk yang diproduksi dan berapa banyak produk yang cacat atau rusak. Semakin sedikit produk yang cacat menunjukkan semakin baik mutu produk yang dihasilkan dan sebaliknya semakin banyak jumlah produk cacat menunjukkan produk yang dihasilkan bermutu rendah.
Berdasarkan hasil observasi kami jumlah produk cacat berkisar 2-4 lembar undangan. Dalam mengatasi hal ini perusahaan melakukan pengerjaan ulang untuk produk cacat tersebut atau perusahaan memutuskan untuk member potongan pembayaran kepada pelanggan.
Ø Pengukuran berdasarkan kepuasan pelanggan yaitu diukur berdasarkan jumlah retur yang diterima, jumlah keluhan pelanggan dan survei pelanggan. Semakin banyak keluahan pelanggan terhadap perusahaan menunjukkan bahwa perusahaan tidak mampu melayani pelanggan dengan baik dan sebaliknya jika tidak ada keluhan pelanggan menunjukkan pelayanan perusahaan sangat baik.
Berdasarkan observasi kami dan melalui kuesioner pelanggan dapat disimpulkan bahwa pelayanan CV.garam dunia terhadap pelanggannya sangat baik. Perusahaan mampu melayani sesuai harapan pelanggan.
Ø Pengukuran CSF berdasarkan harga yaitu diukur berdasarkan berapa harga yang ditetapkan untuk setiap unit produk, apakah harga relatif dan mampu bersaing dengan perusahaan percetakan lainnya. Dan berapa banyak order yang diterima. Semakin banyak order perusahaan menunjukkan harga relatif murah.
Berdasarkan observasi kami harga untuk 1 unit produk/1 lembar undangan berkisar Rp. 500 – Rp. 50.000. sepanjang perusahaan beroperasi jumlah orderan yang pernah diterima sebanyak 2000 undangan artinya hal ini menunjukkan perusahaan mampu menerima orderan dalam jumlah yang cukup banyak dan dengan hal ini pula menunjukkan harga yang diberikan perusahaan untuk satu unit produk relatif murah dan sesuai keinginan pelanggan untuk membayarnya.
Ø Pengukuran CSF berdasarkan produk baru yaitu apakah perusahaan menciptakan produk-produk baru dan penambahan mesin baru untuk menghasilkan produk tersebut. apabila perusahaan melakukan perbaikan dan pemeliharaan teknologinya menunjukkan bahwa perusahaan siap menambah produk baru. Semakin banyak perusahaan menciptakan produk baru menununjukkan bahwa kinerja perusahaan semakin besar dan menunjukkan bahwa perusahaan mampu memenuhi kebutuhan pelanggan yang makin beragam .
Berdasarkan observasi kami perusahaan menambah produknya seperti pembuatan spanduk, baliho, kartu nama, dan lain-lain. perusahaan mengorbankan tambahan biaya karena adanya penambahan produk tersebut dan untuk perbaikan dan pemeliharaan mesin-mesin produksi.
Kemampuan Internal
Ø pengukuran CSF berdasarkan produktivitas yaitu diukur berdasarkan berapa lama waktu produksi atau siklus produksi perusahaan. Semakin singkat waktu produksi semakin tinggi efisiensi produksi yang menunjukkan perusahaan mampu menyelesaikan produksi lebih cepat dan tepat waktu.
Berdasarkan observasi kami perusahaan mampu menyelesaikan produksi dalam waktu kurang lebih dua minggu. Perusahaan mampu menyelesaikan produksi tepat waktu sesuai keinginan pelanggan.
Ø Pengukuran CSF berdasarkan mutu yaitu diukur berdasarkan banyaknya jumlah retur, brp banyak pengerjaan ulang untuk produk yang cacat. Semakin sedikit jumlah retur dan pengerjaan ulang menunjukkan mutu dari produk yang dihasilkan relatif tinggi dan baik.
Berdasarkan observasi kami jumlah retur dan jumlah pengerjaan yang dilakukan perusahaan relatif sedikit, perusahaan juga biasanya memutuskan mengatasi produk cacatnya dengan pemotongan jumlah pembayaran pelanggan.
Ø Pengukuran CSF berdasarkan kesiapan peralatan yaitu bagaimana kapasitas mesin perusahaan apabila ada produk-produk baru yang akan dihasilkan dan bagaimana dengan aktivitas pemeliharaan mesinnya. Apabila perusahaan menambah kapasitas mesin perusahaan , melakukan peningkatan perbaikan dan pemeliharaan menunjukkan bahwa peralatan atau mesin-mesin siap digunakan dan hal ini menunjukkan perusahaan mampu menciptakan produk-produk baru dan memperluas aktivitas-aktivitas berkaitan dengan penciptaan produk-produk baru tersebut.
Berdasarkan observasi kami perusahaan meningkatkan aktivitas perbaikan dan pemeliharaan mesin-mesinnya untuk mendukung jalannya produksi produk-produk baru tersebut.
Pembelajaran Dan Inovasi
Ø Pengukuran CSF berdasarkan inovasi produk yaitu diukur berdasarkan jumlah perubahan desain produk. Semakin banyak perubahan desain produk menunjukkan perusahaan mampu berinovasi terhadap produk-produk yang dihasilkan.
Berdasarkan observasi kami perusahaan CV. Garam Dunia menawarkan banyak desain untuk setiap undangan sesuai keinginan pelanggan dan kemauan pelanggan untuk membayar produk atau undangan yang dihasilkan perusahaan.
Ø Pengukuran CSF berdasarkan keunggulan pasar yaitu diukur berdasarkan berapa banyak jumlah pelanggan , dan pengukuran melalui survei pelanggan. Banyaknya pelanggan dan kesetiaan pelanggan terhadap perusahaan menunjukkan bahwa perusahaan memiliki keunggulan dalam pasar.
Berdasarkan observasi kami dan melalui kuesioner untuk pelanggan, dapat kami simpulkan bahwa pelanggan berkeinginan untuk kembali memesan produk pada perusahaan bersangkutan.
Perspektif Karyawan
Ø Pengukuran berdasarkan gaji dan tunjangan kompetitif diukur berdasarkan besarnya gaji dan tunjangan yang diberikan kepada karyawan, apakah gaji yang diberikan sesuai standar, dan bagaimana jumlah gaji yang diberikan dibandingkan perusahaan percetakan lainnya. Semakin besar gaji dan tunjangan yang diberikan kepada karyawan dan lebih besar dari perusahaan pesaing lainnya menunjukkan bahwa perusahaan mampu berkompetitif.
Ø Pengukuran berdasarkan moral karyawan diukur berdasarkan jumlah keluhan dan suvei karyawan. Semakin banyak keluhan karyawan menunjukkan ketidakpuasan terhadap perusahaan seprti jumlah gaji yang diberikan kecil/sedikit tidak sesuai dengan kerja karyawan.
Berdasarkan observasi kami dan melalui kuesioner untuk karyawan dapat disimpulkan bahwa karyawan nyaman dan puas artinya gaji yang diberikan perusahaan untuk karyawannya sesuai dengan harapan mereka. Gaji yang diberikan perusahaan CV.Garam Dunia kepada karyawan dihitung perhari sebesar 50.000/hari.
Perspektif keuangan
Ø Pengukuran CSF berdasarkan tingkat penjualan yaitu diukur bardasarkan pertumbuhan penjualan dan keuntungan tahunan. Semakin meningkat pertumbuhan penjualan dan keuntungan tahunan perusahaan menunjukkan perusahaan mampu meningkatkan pertumbuhan pendapatan sesuai harapan perusahaan.
Berdasarkan observasi kami perusahaan CV.Garam dunia mampu meningkatkan penjualan pertahun berkisar 20% dari penjualan tahun sebelumnya.
Ø Pengukuran CSF berdasarkan profitabilitas yaitu diukur berdasarkan laba operasi. Semakin besar laba operasi yang diperoleh perusahaan menunjukkan perusahaan mampu meningkatkan kemampuan profitabilitas perusahaan artinya perusahaan mampu memperoleh pengembalian modal yang digunakan.
Berdasarkan observasi kami perusahaan CV.Garam Dunia mampu memperoleh kembali pengembalian modal yang digunakan untuk operasi kurang lebih dalam waktu 5 tahun.
Ø Pengukuran CSF berdasarkan harga pokok penjualan yaitu diukur berdasarkan usaha perusahaan untuk tetap atau turun tiap tahunnya. Apabila perusahaan mengusahakan harga pokok penjualan turun maka menunjukkan perusahaan mampu menekan biaya-biaya produksi dengan tujuan memperoleh keuntungan dan meningkatkan pendapatan penjualan perusahaan.
Berdasarkan observasi kami perusahaan CV. Garam dunia selalu mengupayakan harga pokok penjualannya diturunkan tiap tahunnya agar perusahaan dapat lebih meningatkan keuntungan dari pendapatan penjualannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar